Cara membuat landing page di blogspot

Landing page ?

Membahas tentang landing page, kamu harus tau dulu apa maksud landing page. Seperti apa atau bagaimana cara kerjanya. Halaman yang sedang kamu baca saat ini juga bisa disebut sebuah landing page, tapi dalam versi yang lebih sederhana. Ketika kamu membuka internet dan menemukan sebuah halaman yang bisa kamu akses, itu bisa disebut juga dengan landing page (LP).

Umumnya desainnya tidak sesederhana ini, lebih kompleks dengan berbagai tombol yang ada. Jika anda menggunakan wordpress, proses ini akan lebih mudah dengan bantuan plugin seperti Elementor misalnya. Biasanya sebuah LP (sebutan untuk landing page) dibuat untuk mengenalkan suatu produk, mengumpulkan informasi menggunakan form, dan penjualan. Tapi tidak terbatas pada tiga yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsinya bisa lebih banyak dari itu.

WordPress memanglah menarik, tapi perlu biaya lebih untuk menjalankannya. Sehingga tidak heran, platform blog terbesar masih dipegang blogger.com dengan akses gratisnya. Meskipun memiliki keterbatasan, kita harus setuju tidak semua batasan selalu buruk. Misalnya ketika Instagram hanya membatasi durasi video hanya 30 detik, banyak orang yang tetap bahagia menggunakan instagram, bahkan rela memotong videonya. Padahal di platform sebelah, durasi video jauh lebih panjang dan mungkin tanpa batasan, saya tidak tau persis karena saya bukan orang yang bekerja dengan video dan membagikannya ke orang. Begitupun dengan WhatsApp, semua serba dibatasi, sederhana tapi kita semua memakainya.

Jika dibatasi, bisakah kita membuat landing page di blogger.com ?

Tidak, normalnya tidak bisa karena fiturnya bahkan tidak ada. Maksudnya bukan landing page artikel seperti yang sedang kamu buka, tapi landing page yang kompleks seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Seperti halnya batasan durasi video di Instagram dan Whatsapp, batasan tidak membuat kita mati seketika. Jantung kita tidak dibuat selemah itu, dan kreatifitas otak kita tidak akan terhenti hanya karena dibatasi. Aturan dibuat untuk dilanggar, meskipun salah, tapi logika pikiran ini efektif untuk dijalankan.

Pertama kita harus tau struktur template yang menjadi standar blogger.com. Template adalah tampilan web yang kamu lihat. Di blogger.com, kerangkanya sudah ada, dan ini menyulitkan. Berbeda ketika membuat web mandiri, semua berawal dari kertas kosong, jadi kita bisa mengupload template dengan desain landing page, dan selesai. Di blogger.com, kita tidak bisa melakukan itu, tombol uploadnya saja tidak ada.

Karena kerangkanya menyulitkan, yang pertama saya pikirkan, bisakah saya menghapusnya ?

Menghapus kerangka dan menjadikannya kertas kosong yang bebas di isi apa saja. Dan ternyata bisa.

Lalu saya mulai memikirkan bagaiamana menguploadnya ?

Berhasil, tapi tidak diupload. Melainkan di salin dan tempel script mentahnya, dan saya pikir editor di blogger.com tidak begitu siap menerima script template sepanjang itu, yang mengakibatkan halaman yang sesekali mengalami “not responding” ketika pengeditan.

Tapi tidak masalah, kreatifitas terus berlanjut. Saya mengeditnya di software lokal di laptop saya, menyalin dan menempelkan hasilnya.

Langsung berhasil ?

Tidak, ternyata banyak arah file dan link yang salah. Seperti gambar yang tidak muncul, script yang tidak terpanggil dan bagian inti lain yang akhirnya membuat landing page yang sedang saya kerjakan seperti coretan tembok yang berantakan.

Singkat cerita, saya berhasil memperbaiki semuanya.

Saya tidak bisa menuliskan detail teknis pemasangan, perbaikan dan perubahan apa saja yang dperlukan agar template landing page berbasis html ini bisa berjalan dengan baik di blogger.com, tapi saya pastikan kamu bisa membuatnya sekarang karena saya akan membagikan 1 template landing page gratis yang sudah saya atur sedemikian rupa sehingga template ini bisa diterapkan di blogger.com sekali salin dan tempel.

Kamu bisa melihat contoh hasilnya di Demo Template landing page blogspot

Download full scriptnya di sini (password : paketbuku.com)

Cara memasangnya di blogger.com ?

Login ke dasbor blogger kamu. Script L1.txt tempelkan di menu Template – Edit html dan Script L2.txt tempelkan di menu Buat post.

Jika kamu tertarik dengan template landing page lain dan mempelajarinya secara detail termasuk dengan video tutorial, saya sudah menambahkan materinya di Buku Ngadsense keluaran terbaru disini. Mulai dari template yang lebih banyak, cara pengeditan, penambahan dan teknis lain yang saya yakini mudah bagi siapa saja untuk mempelajarinya.

Jika kamu paham dengan yang saya tulis di halaman ini, kamu juga akan paham dengan materi yang saya tulis di Buku Ngadsense. Klik disini untuk melanjutkan materinya.

https://paketbuku.com/shop/bukungadsenselite

https://paketbuku.com/shop/bukungadsense8

Terimakasih.